Cara Backup Data Android ke PC Paling Mudah, Aman dan Praktis

Cara backup data android ke PC, umumnya dicari karena beragam alasan. Alasan paling populer pun tak beranjak dari kasus seputar kehabisan ruang penyimpanan dan masalah privasi. Hal ini wajar, mengingat secanggih apa pun perangkat android akan selalu mengalami keterbatasan dalam kapasitas penyimpanan dan risiko masalah keamanan yang terbilang rentan.

Karena alasan populer di atas sudah muncul dan bisa dianggap sebagai venomena yang lazim, maka pembahasan mengenai cara backup data android ke PC pun, sebenarnya bukan lagi hal baru. Pembahasan seperti ini sudah dan pasti banyak ditemui di internet secara mudah. Sekadar menguatkan pengetahuan dan menambah wawasan bagi khalayak awam yang mungkin saja baru mendapatnya melalui artikel ini, tak ada salahnya untuk mengikuti ulasan berikut hingga tuntas.

Pengertian dan Cara Backup Data Android ke PC atau Laptop

Cara Backup Data Android ke PC Paling Mudah Aman dan Praktis

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud data dan istilah turunannya dalam android. Karena ulasan ini dianggap penting, bukan hanya sebagai landasan berpikir dalam pembahasan, malainkan juga dianggap bermanfaat sebagai wawasan umum.

Data

Secara umum data bisa diartikan sebagai kumpulan informasi atau keterangan mengenai satu hal yang diperoleh berdasarkan pengamatan atau informasi langsung dari sumbernya. Berkaitan dengan pengertian ini pada perangkat android, akan muncul banyak sekali istilah turunan dari data. Beberapa di antaranya bisa dilihat dari ulasan di bawah.

Data Aplikasi

Segala bentuk informasi yang dihasilkan melalui aplikasi dan tersimpan dalam memori perangkat android sobat, bisa dikatakan sebagai data aplikasi. Setiap aplikasi, selalu memiliki sumber informasi yang berbeda. Karenanya, setiap aplikasi pun pasti memiliki data yang berbeda.

Data Android

Bisa dikatakan sebagai informasi yang dihasilkan dari kinerja perangkat android secara keseluruhan. Sebelumnya sedikit diulas bahwa data akan selalu berhubungan dengan kapasitas dan jenis ruang penyimpanan (storage device). Berkaitan dengan ini, data android bisa dibagi lagi menjadi dua yaitu temporary dan presistence.

Temporary Data

Seperti namanya, data ini adalah data temporer sebagai catatan informasi kinerja dalam satu waktu. Sifatnya yang temporer, tak bisa dipakai lagi dan umumnya menghasilkan penumpukkan data yang sama, tentu akan membebani memori atau ruang penyimpanan. Terlebih, kinerja data ini dihasilkan dan diproses melalui internal storage. Pandangan umum lebih mengenal istilah cache untuk menamai data ini, meski sebenarnya bentuk dan jenis termporary data sangatlah banyak.

Baca Juga:  Menerapkan Teknologi Machine Learning dalam Bisnis

Presistence Data

Ini adalah data permanen yang tersimpan dalam perangkat android. Data ini dibedakan lagi berdasarkan sifatnya, privat dan publik. Sifat data yang dimaksud tak lain dari metode akses terhadap data apakah bisa terlihat dan bisa diubah oleh pengguna atau sama sekali tak terlihat dan tak bisa diubah. Cara paling mudah untuk membedakan keduanya adalah melalui alur penyimpanan data.

Data yang sifatnya privat akan diproses dalam internal storage, sedangkan data publik biasanya tersimpan dalam external storage. Bahasa yang lebih memudahkan adalah data privat umumnya berkaitan dengan sistem, sementara data publik umumnya berkaitan dengan segala bentuk informasi yang dihasilkan langsung oleh pengguna, seperti file, foto, video dan seterusnya.

Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi istilah turunan dari data, namun sebagai bahan dasar yang berkaitan dengan ulasan, kiranya cukup sampai di situ.

Pengertian Backup Data Android

Setelah mengetahui apa itu data dan beberapa istilah turunannya, pembahasan berikutnya adalah pemahaman mengenai backup data android. Istilah backup data sendiri, tidak lain dari proses penyimpanan data dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengubah isi, jenis dan fungsinya. Tempat yang dimaksud bisa berupa folder atau perangkat lain.

Pengubahan terhadap bentuk data, mungkin saja terjadi mengingat data android dan data digital lainnya, umumnya bekerja melalui pola-pola biner yang dapat dienskripsi menjadi pola lain yang lebih kompleks dan rumit.

Tujuan enskripsi, selain untuk melakukan pengamanan data, dalam kaitannya dengan backup metode ini bisa juga digunakan untuk meringkas dan memadatkan data berdasarkan ukurannya. Back up data nomor hand phone misalnya, atau bentuk terlihat lainnya yang digunakan oleh sistem kompress file.

Cara Aman Backup Data Android Ke PC Paling Mudah dan Praktis

Data umum biasanya data yang banyak dipilih pengguna untuk dibackup. Hal ini, dimungkinkan karena sifat datanya yang readable dan editable. Karena sifatnya yang terbaca itulah, data ini seringkali dianggap sebagai data yang lebih banyak meakan ruang penyimpanan. Untuk itu pemindahan atau backup data android ke PC bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah seperti berikut.

1. Menggunakan Kabel Data

Kabel data yang fungsinya lebih banyak digunakan sebagai alat penghubung charger atau pengisian daya, tentunya bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu paling mudah dan sederhana untuk membackup data android ke perangkat PC atau laptop. Hal ini terjadi karena kabel data tak lain dari perangkat keras yang mendukung kinerja sistem USB (Universal Serial BUS), yang berfungsi menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Baca Juga:  Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2. Menggunakan OTG Flashdrive

Syarat utama penggunaan OTG Flashdrife, tentu saja perangkat kita sudah memiliki dukungan terhadap fitur OTG. Fungsi dan cara kerja OTG sebenarnya sama saja seperti saat menggunakan flashdisk, hanya perangkatnya saja yang berbeda.

3. Menggunakan Memory Adaptor

Data android yang sudah tersimpan dalam eksternal storage (memory card), bisa langsung dipindahkan atau dibackup ke perangkat PC dengan menggunakan memory adapter. Alat ini bisa didapat dengan mudah dan murah di toko-toko peralatan komputer, laptop dan handphone. Cara ini akan bekerja lebih mudah pada perangkat laptop yang umumnya memang sudah dibekali dengan slot memori dan adaptor memori..

4. Menggunakan Bloetooth

Bluetooth adalah alat yang bekerja untuk dapat melakukan hubungan antarperangkat tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Jika Perangkat android sobat telah terhubung dengan PC melalui bloetooth, sobat bisa dengan mudah melakukan pemindahan data android ke PC.

5. Menggunakan Wi-fi

Wi-fi memang memiliki fungsi untuk berbagi jaringan internet. Namun wi-fi pun bisa dijadikan sebagai media dari cara backup data android ke PC. Namun, cara ini akan berhasil jika sobat memiliki aplikasi pendukung yang sudah terpasang di kedua perangkat sobat.

6. Menggunakan Aplikasi

Sebagai tambahan dari cara sebelumnya, aplikasi digunakan agar data yang dikirim dari perangkat android bisa diterima dan disimpan secara langsung oleh perangkat PC sobat. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan antara lain Share-it, Xender, sweech dan aplikasi share data lainnya.

Penutup

Demikianlah pembahasan Teknoproof.com mengenai cara backup data android ke PC secara mudah yang dilengkapi juga dengan pembahasan mengenai pengertiannya. Semoga pembahasan ini menjadi pembahasan yang unik dan memberi manfaat.