Aplikasi Pembersih Android Terbaru Bikin HP Ngebut Anti Ngelag

Aplikasi Pembersih Android Terbaru – Android sebagai operating system (OS) yang saat ini merajai dunia ponsel pintar (smartphone), semakin menancapkan kukunya lewat perangkat-perangkat HP terbaru. Terlebih setelah terjadi duet maut dengan perusahaan raksasa Google, opensourch OS ini semakin leluasa untuk melakukan pembaruan di semua aspek; software, hardware hingga brainware.

Alhasil, smartphone android terbukti mampu merajai pasaran dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Fungsi dan efektivitasnya sebagai perangkat canggih tidak perlu diragukan lagi. Namun di sisi lain, kinerja android yang didukung aplikasi-aplikasi terapan, kerap membuat masalah dalam hal performa.

Hal ini wajar, mengingat smartphone yang mengandalkan Random Acces Memory (RAM) sebagai alat performa kinerja sekaligus sebagai ruang penyimpanan. Beban berlebih pada RAM inilah yang kemudian menjadi masalah penurunan kinerja android pada umumnya. Optimasi paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah memasang aplikasi pembersih android terbaru di perangkat smartphone.

Aplikasi Pembersih Android Terbaru Bikin HP Ngebut Anti Ngelag

Aplikasi Pembersih Android Terbaru Bikin HP Ngebut Anti Ngelagpng

Penurunan kinerja android, umumnya terjadi karena banyaknya aplikasi terinstall. Aplikasi yang kerap bekerja secara diam-diam melalui latar belakang, tanpa disadari mampu memakan RAM. Belum lagi file-file sampah, register, history yang menumpuk dan file-file ganda yang otomatis dibuat oleh sistem dan aplikasi, adalah masalah utama android yang bisa dikatakan belum terpecahkan hingga kini. Karenanya, memasang aplikasi tambahan seperti pembersih android, kiranya bisa meminimalisir masalah ini.

Berikut akan diulas beberapa aplikasi pembersih android terbaru yang bisa dipakai untuk mengoptimasi kinerja android. Sebagai catatan agar tidak terjadi salah persepsi, terbaru yang dimaksud bukanlah ‘aplikasi ‘new comer’ melainkan aplikasi baru yang bisa dimanfaatkan untuk menambah kinerja smartphone. Karena, pada dasarnya setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur pembersih bawaan.

1. Easy Cleaner

Easy Cleaner sebagai salah satu aplikasi pembersih yang dianggap mampu memperbaiki dan meningkatkan kinerja smartphone android. Cara kerjanya terbilang efektif dalam membersihkan cache dan menghentikan berbagai aktivisad aplikasi yang terus bekerja di latar belakang dan memakan banyak penggunaan memory. Dengan demikian, ruang penyimpanan kembali leluasa dan kinerja RAM kembali normal.

2. Clean Master

Ceetah Mobile sebagai pengembang Clean Master, sepertinya memang sengaja membuat aplikasi pembersih yang lengkap dengan penggunaan yang efektif untuk berbagai kriteria user. Jumlah unduhan yang lebih dari 50 juta kali, membuktikan bahwa aplikasi ini memang diminati. Selain pembersih cache, Clean Master pun menyasar history browser yang terkadang menyimpan mallware.

Secara singkat, fitur penting yang dimliki Clean Master antara lain, Clear cache, anti virus, RAM booster, clear unsused file, penghemat baterai dan seterusnya hingga fitur backup aplikasi dengan cara membuat cadangan terhadap aplikasi terpilih yang dianggap kurang terpakai dan akan dihapus, agar di kemudian hari saat hendak digunakan user (pengguna) pengguna tak perlu mendownloadnya lagi.

Baca Juga:  Mengatasi Tantangan Keamanan dalam IoT

3. Go Speed

Go Speed sebagai aplikasi pembersih android terbaru, bahkan mengklaim mampu meningkatkan kinerja smartphone hingga 60%. Sekali pun demikian, cara kerjanya sama dengan aplikasi serupa, masih berputar di masalah junk (file-file sampah) dan task killer.

Go Dev Team sebagai pengembang aplikasi ini pun, memberikan fitur backup aplikasi. 50 juta lebih pengunduh aplikasi ini, adalah bukti bahwa Go Speed memang diminati oleh pengguna android.

4. Power Clean

Tak perlu memberikan ulasan mengenai pembersih yang juga bisa memantau komponen android secara spesifik, semisal status CPU, GPU atau RAM ini. Dengan pengguna lebih dari 100 juta, kiranya sudah bisa dijadikan sebagai alasan mengapa aplikasi ini masuk dalam daftar ulasan.

5. DU Speed Booster

DU Apps Studio, sengaja merancang dan mengembangkan aplikasi pembersih ini dengan sasaran para gamer. Terbukti dengan adanya fitur booster game yang fokus pada optimasi game terpilih agar kinerjanya tetap lancar tanpa hambatan saat digunakan.

Bukan hanya itu, DU Speed Booster sebagai aplikasi pembersih android terbaru ini, mampu memindahkan aplikasi yang terpasang di memori internal ke SD Card. Dengan demikian, ruang penyimpanan dan kinerja RAM pada perangkat menjadi lebih optimal.

6. Avast Cleanup & Boost

Jauh sebelum kehadiran perangkat android, Avast Software memang sudah dikenal sebagai penyedia antivirus terbaik untuk PC dan desktop. Terobosannya di dunia android untuk perkara ‘pembersihan’ pun kiranya tak perlu diragukan lagi.

Avast Cleanup & Boost sebagai salah satu produknya, adalah bukti bahwa pengembang ini pun mendapatkan tempat bagi pengguna android. Satu hal yang unik yang diberikan Avast Cleanup & Boost ini adalah Advance Foto Optimizer untuk meningkatkan kualitas foto yang ada di galeri.

7. CM Security

Feature Cleaner dari aplikasi yang sudah terunduh lebih dari 500 juta kali ini, mampu mengoptimalkan kinerja smartphone dengan proses pemindaian hanya dalam beberapa detik saja. Sesuai dengan namanya, CM Security kiranya lebih memprioritaskan pada fitur keamanan ponsel.

Bukan hanya mampu mendeteksi virus secara cepat dan evektif, aplikasi ini pun mampu memberikan proteksi pada aplikasi agar tak bisa diterobos oleh penggunaan pihak ke tiga secara sistem atau penggunaan oleh orang lain secara manual.

8. 360 Security-Junk Cleaner

Seperti namanya, aplikasi pembersih android terbaru ini selain menyediakan fitur pembersih juga memberikan fitur keamanan untuk mengoptimalkan kinerja perangkat. Fitur keamanan yang ditanam pada aplkasi ini, dianggap mampu memberikan proteksi langsung terhadap virus mallware, trojan dan sebagainya yang biasanya masuk saat perangkat digunakan untuk browsing atau mengunduh file.

9. Cleanit

Segudang fitur canggih buatan Super Tools ini terbilang efisien untuk mengatasi kinerja android yang lemot dan memakan banyak memory juga baterai.

10. 1Tap Cleaner

Seperti namanya, aplikasi pembersih android terbaru ini mampu mengoptimalkan kinerja ponsel hanya dengan satu ketukan saja. Bukan hanya menyasar pada file-file sampah atau file yang tak terpakai secara umum, aplikasi ini pun mampu membersihkan riwayat panggilan, riwayat peramban dan riwayat-riwayat pemakaian lainnya.

11. AVG Cleaner

Sejak pengembang aplikasi ini merambah ke dunia android, AVG Cleaner tetap memberikan fitur pengamanan yang powerfull sebagai keunggulannya. AVG cleaner bahkan mampu menghapus aplikasi bloatware yang tertanam di perangkat seluler.

Baca Juga:  Langkah Mudah Cara Logout Akun Gmail di Android

12. Booster for Android

Bagi pengguna android yang seringkali memiliki masalah dengan penggunaan baterai yang terbilang boros, cobalah aplikasi pembersih android terbaru ini. Booster for Android yang menghadirkan serangkaian fitur terbaik, bukan hanya mampu membersihkan file-file sampah yang menghambat kinerja ponsel, namun juga memberi perhatian khusus pada penggunaan baterai. Sebagai contoh, memory accelerator, battery optimizer, dan smart charging.

Cara Kerja Aplikasi Pembersih Android

Aplikasi pembersih Android terbaru biasanya bekerja dengan cara memindai sistem operasi Android untuk menemukan file-file yang tidak terpakai atau tidak digunakan lagi, kemudian menghapusnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang terpakai. Aplikasi ini juga biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti pembersih cache, pembersih file sampah, dan pengaturan aplikasi untuk membantu meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.

Sebagai contoh, aplikasi pembersih sampah Android dapat membantu menghapus file-file yang tidak terpakai oleh aplikasi yang telah dihapus, membersihkan cache yang terkumpul dari penjelajahan web, dan mengatur aplikasi untuk mematikan secara otomatis ketika tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Dengan menggunakan aplikasi pembersih Android terbaru, Anda dapat meningkatkan kinerja perangkat Android Anda sehingga lebih optimal dan anti ngelag.

Manfaat dan Kegunaan Aplikasi Pembersih Android

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi pembersih Android terbaru, di antaranya:

  1. Meningkatkan kinerja perangkat Android: Aplikasi pembersih Android dapat membantu membersihkan file-file yang tidak terpakai dan mengosongkan ruang penyimpanan yang terpakai, sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.
  2. Menyimpan ruang penyimpanan: Dengan menghapus file-file yang tidak terpakai, aplikasi pembersih Android dapat membantu Anda menghemat ruang penyimpanan pada perangkat Android Anda.
  3. Meningkatkan keamanan: Aplikasi pembersih Android biasanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti pemblokiran aplikasi dan pemantauan privasi untuk membantu meningkatkan keamanan perangkat Android Anda.
  4. Menghemat daya baterai: Fitur-fitur seperti pengaturan aplikasi otomatis dapat membantu menghemat daya baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak digunakan secara otomatis.
  5. Mudah digunakan: Aplikasi pembersih Android terbaru biasanya dirancang dengan interface yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna.

Penutup

Setelah melihat dan memahami aplikasi pembersih sampah android terbaru di atas, jelas bahwa hampir semua aplikasi menerapkan fitur kinerjanya yang menyasar pada pembersihan chace, history, junk file dan virus. Alasannya, tentu saja karena sasaran tersebutlah yang kerap menurunkan kinerja smartphone yang berpengaruh langsung pada penggunaan memory dan pemakaian baterai.

Secara sederhana, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi pembersih Android terbaru, Anda dapat memperbaiki kinerja perangkat Android Anda, menghemat ruang penyimpanan, meningkatkan keamanan, menghemat daya baterai, dan menikmati pengalaman penggunaan yang lebih mudah. Demikian ulasan tentang daftar aplikasi pembersih sampah tersembunyi di android yang bisa tim Teknoproof.com sampaikan. Semoga bermanfaat.