Langkah Mudah Cara Logout Akun Gmail di Android

Cara logout akun gmail di android, biasanya dicari karena beragam alasan. Alasan yang seringkali digunakan, tentu saja jika terjadi pemindahtanganan perangkat dari satu pengguna ke pengguna lain. hal ini pun bisa terjadi karena berbagai kasus, semisal aktivitas jual beli atau memang sengaja diberikan sebagai hadiah.

Untuk kasus-kasus seperti ini, pengguna atau pengguna baru biasanya melakukan reset HP untuk dikembalikan pada keadaan semula (factory reset). Namun, bagaimana jika terjadi kasus pencurian atau perangkat android kita hilang karena kelalaian pribadi? Ini sebenarnya bahasan lama tapi sedikitnya akan menjadi bahan ulasan dalam artikel ini. Karenanya, simak terus hingga tuntas.

Langkah Mudah Cara Logout Akun Gmail di Android

Cara Logout Akun Gmail di Android

Ada beberapa langkah mudah yang bisa sobat lakukan sebagai cara logout akun Gmail di android sobat. Satu hal yang perlu sobat pahami sekali pun bukan merupakan informasi baru, Google sebagai perusahaan layanan internet terbesar dan terkuat, telah memberlakukan fitur satu akun untuk seluruh layanannya.

Singkatnya, hanya dengan satu akun Google saja, sobat bisa mengakses seluruh layanan yang diberikan Google, semisal Google Drive, Google Playstore, Google Maps termasuk di dalamnya Google Mail (Gmail) dan berbagai produk Google lainnya.

Hal ini berarti, saat sobat membuka atau membuat akun Google, itu sama saja sobat telah membuka dan memiliki akses penuh terhadap seluruh layanan Google. Begitu pun saat sobat menutup akun Google, maka seluruh layanan pun akan tertutup secara otomatis.

Kembali pada pokok bahasan mengenai cara logout akun gmail di android, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk logout dari akun gmail di perangkat android sobat.

1. Merujuk Panduan Google

Buku panduan Google yang membahas tentang ini, secara gamblang memberikan sebuah solusi sebagai cara logout akun gmail di android. Dilansir langsung dari lamannya, Google mengklaim bahwa satu-satunya cara untuk logout dari aplikasi Gmail adalah dengan menghapus seluruh akun dari perangkat yang sobat miliki.

Namun demikian, Google pun memiliki opsi lain dengan cara beralih akun. Opsi ini tak lain dan tak bukan adalah menambah akun Google baru di perangkat sobat tanpa menghapus akun yang sudah. Dengan opsi ini, sobat bisa melakukan logout untuk akun Gmai yang tertaut pada perangkat android sobat.

2. Menghapus Akun Google

Seperti juga yang disarankan langsung oleh Google, ini adalah satu-satunya cara untuk melepas tautan akun Google di perangkat sobat, termasuk logout dari akun gmail secara otomatis. Cara ini, bisa sobat lakukan jika memiliki 2 atau lebih akun gmail di perangkat android sobat.

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Ada beberapa starting point yang bisa sobat lakukan, namun semuanya mengarah pada langkah dan hasil yang sama. Starting point yang dimaksud adalah:

  • Langsung masuk melalui aplikasi Gmail
  • Masuk melalui pengaturan sistem
  • Untuk beberapa perangkat, sobat bisa langsung masuk melalui pengaturan Google
  • Setelah memilih salah satu starting point di atas, sobat bisa menuju ke pengelolaan akun dan memilih akun Google yang akan dihapus.
  • Akun Gmail di perangkat sobat pun sudah logout secara otomatis dan berganti dengan akun Google default.

3. Menambah Akun Google

Opsi yang juga diberikan oleh Google ini, secara otomatis bisa digunakan sebagai salah satu cara logout akun gmail di android sobat. Jika cara sebelumnya sobat memilih opsi kelola akun, maka untuk cara yang satu ini opsi yang harus sobat pilih adalah menambah akun.

Melalui opsi ini, sobat bisa langsung menambahkan akun lain yang sudah ada dan belum tertaut di perangkat atau membuat akun yang benar-benar baru dengan cara sign up atau melakukan registrasi akun baru. Setelah proses penambahan akun selesai, sobat bisa beralih akun dan secara otomatis akan logout dari akun Google yang lama.

4. Factory Reset

Seperti telah disebutkan di atas, cara ini bisa dilakukan bukan hanya untuk logout dari akun gmail, melainkan mengembalikan seluruh data dan aplikasi perangkat sobat pada setelan bawaannya. Dengan kata lain, semua data dan aplikasi yang telah sobat tambahkan, akan hilang jika tidak melakukan backup terlebih dahulu.

5. Menggunakan Perangkat Lain

Cara ini bisa sobat lakukan jika terjadi kasus kehilangan HP baik karena pencurian atau kelalaian. Sobat bisa menggunakan perangkat lain untuk masuk dan menautkan akun Google sobat. Setelah akun Google berhasil tertaut dan log in, sobat masuk ke menu pengaturan akun Google lalu pilih telusuri akun Google.

Setelah itu akan muncul jendela baru dengan banyak opsi, sobat pilih opsi temukan ponsel anda di kategori bantuan. Beberapa HP akan menampilkan opsi untuk melanjutkan tindakan dengan menggunakan aplikasi yang direkomendasikan langsung oleh perangkat sobat, hal ini biasanya terjadi jika sobat memasang dua tau lebih jenis browser di perangkat sobat.

Pilih saja salah satu, karena semua pilihan akan mengarahkan sobat pada Google akun. Di sinilah sobat bisa menemukan perangkat apa saja yang sudah tertaut dengan akun Google sobat. Pilih perangkat yang diinginkan (dalam kasus ini perangkat yang hilang).

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Di Handphone

Setelah perangkat dipilih, akan muncul tifga opsi baru, putar suara, amankan perangkat dan hapus perangkat. Karena yang dibahas adalah cara logout dari akun Google atau Gmail, langsung saja pilih hapus perangkat.

Dengan demikian akun Gmail tak lagi tertaut dengan perangkat yang hilang dan semua data dan aplikasi yang terhubung dengan akun di perangkat tersebut, tidak akan bisa lagi diakses.

Pemahaman Tentang Akun Google di Android

Sekilas telah diulas di atas perihal Google yang telah memberlakukan fitur satu akun untuk semua layanan. Berkaitan dengan android, akun Google memang dibutuhkan untuk dapat mengakses semua layanan yang ada di android dengan mudah dan tanpa kendala. Hal ini berkaitan dengan hak Google atas Android yang telah disepakati berdasarkan hukum yang berlaku oleh kedua raksasa teknologi ini. Singkatnya, perangkat android tak akan berjalan secara optimal tanpa adanya Google.

Di sisi lain, kesepakatan ini telah memaksa para pengguna android untuk memiliki akun Google dan menautkannya pada perangkat android yang dimilikinya. Alhasil, sekali saja akun Google sobat (terutama gmail) ditautkan pada perangkat android, maka akun tersebut akan terus menempel dalam perangkat tanpa diberi opsi untuk logout. Kecuali, dengan menggunakan opsi lain berupa penambahan akun.

Pernyataan termasuk cara-cara yang telah diulas atas, secara tegas memang dibenarkan oleh Google. Karenanya, wajar jika ulasan mengenai tema ini terasa begitu minim. Namun, jika sobat memiliki cara logout akun gmail di android yang lain, sobat bisa memberi informasi tambahan di kolom komentar sebagai tambahan pengetahuan dan bahan ulasan baru tim Teknoproof.com di artikel berikutnya.