Aplikasi Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Aplikasi kompres video android dalam ulasan berikut, kabarnya bisa membuat file video yang besar menjadi lebih kecil. Hal itu bisa dikatakan benar, mengingat aplikasi kompres pada dasarnya memang bekerja untuk memadatkan file melalui algoritma tertentu.

Aplikasi kompres pun umumnya bisa bekerja secara maksimal melalui perangkat komputer atau laptop. Lalu bagaimana dengan android? Apakah aplikasi kompres video android ini bisa bekerja secara maksimal atau hanya sebatas gimik?

Pertanyaan tersebut, kiranya tak perlu dijawab secara khusus. Cukup dengan mengingat dan menimbang bahwa android adalah sistem operasi open sourch paling canggih abad ini, pertanyaan tersebut pun kiranya sudah bisa dipatahkan. Lalu seperti apa dan bagaimana kinerja aplikasi kompres video terbaik di HP android itu? Simak ulasan berikut hingga tuntas.

Aplikasi Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Kompres video biasanya dilakukan untuk menghemat dan memaksimalkan ruang penyimpanan tanpa harus kehilangan file video kesayagan. File video menjadi sorotan dalam pembahasan aplikasi kompres ini, mengingat video umumnya memiliki ukuran file yang besar jika dibanding file dan aplikasi lain yang ada dalam perangkat smartphone.

Sebagai gambaran, satu buah video pendek saja, biasanya sudah memiliki satuan ukuran megabyte (MB). Berbeda dengan image atau foto dengan resolusi terbesar, kiranya hanya memakan ukuran hingga kilobyte (KB) saja.

Karenanya, jika di perangkat smartphone kita tersimpan video dengan jumlah puluhan, bisa dibayangkan berapa besar ruang penyimpanan yang termakan oleh kumpulan file video tersebut. Apalagi jika video yang terkoleksi di perangkat sobat adalah video-video berdurasi panjang.

Agar tak berlama-lama, berikut adalah aplikasi kompres video android terbaik untuk mengecilkan ukuran file tanpa mengurangi kualitas video yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan.

1. Video & Movies Compressor

Aplikasi ini dianggap mampu memadatkan file video tanpa harus takut kehilangan kualitas video yang tersimpan. Video & movie Compressor bukan hanya mampu menyimpan file kompresan di perangkat sobat, namun juga bisa digunakan untuk membagikan video secara langsung ke platform media sosial sobat.

2. Smart Video Compressor and Resizer

Dari namanya saja sudah bisa dilihat jika aplikasi ini memang berguna untuk mengompress video sekaligus mengubah dimensi layar video. Melalui aplikasi yang terbilang mudah digunakan ini, kecepatan kompress bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kualitas video yang terpilih.

3. Video Compress

Banyak yang menyebutnya sebagai aplikasi kompres video terbaik dengan tampilan minimalis, namun memiliki dukungan pada hampir semua format video.

4. Video Converter

Kecepatan kiranya menjadi fitur andalan dari aplikasi yang fokus pada manipulasi audio visual ini. Melalui video converter, sobat bisa memotong audio dan video atau menggabungkan file audio dan video menjadi sebuah video yang sobat inginkan.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Grafis Android Bikin Branding Usaha Lebih Mudah

Seperti namanya, video converter memang mampu mngonvert atau mengubah format file video ke format video lainnya dalam waktu yang terbilang cepat. Efektivitas, kiranya menjadi hal yang diutamakan oleh aplikasi ini.

5. Video Dieter 2

Aplikasi ini terbilang memiliki kemampuan kompres file yang cukup powerfull, sehingga file terkompress akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibanding dengan aplikasi serupa lainnya. Video Dieter 2 pun memiliki fungsi lain seebagai video editor, meski fitur yang dimilikinya masih berada dalam kelas edit standar.

6. Video And Image Compressor

Sebagai aplikasi yang mampu mengompres image dan video, Video and Image Compressor kiranya wajib dimiliki oleh para kolektor gambar dan video. Hanya saja, aplikasi ini hanya mendukung beberapa format file baik gambar mau pun video yang populer.

Melalui video and Image Compressor, sobat bisa melakukan pengoptimalan terhadap file dengan cara resizer dan pemotongan. Selain itu, sobat pun bisa melakukan kontrol terhadap bitrate, kualitas dan resolusi saat melakukan pengompressan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengompress video pun terbilang cepat.

7. Resize Video

Sebagai aplikasi yang tergolong baru, Resize Video yang mendukung hampir semua format video, melakukan kompres video dengan cara mengubah ukuran resolusi. Satu hal yang sangat disayangkan, mengingat resolusi umumnya berkaitan langsung dengan kualitas video. Aplikasi ini pun, memiliki fungsi sebagai video editor.

8. Panda Video Compressor

Bisa dikatakan sangat powerfull dengan pemadatan file yang sangat maksimal. Bayangkan, sebuah file video yang dikompress melalui aplikasi ini, bisa langsung dikirim atau dibagikan melalui email, selain juga bisa dikirim langsung ke platform media sosial.

9. Video Compact

Sebagai salah satu aplikasi kompres video android yang bisa diunduh secara gratis di Play Store, video compact pun bisa melakukan pengeditan sederhana, seperti memotong atau memangkas beragam jenis video.

10. Video Transcoder

Jika menginginkan sebuah video terkompress ke ukuran file yang sobat inginkan, Video Transcoder adalah pilihan terbaik. Aplikasi yang menggunakan opensourch FFmpeg ini, mampu membuat transkode dari satu format video ke format lainnya. Selain mendukung beberapa jenis file video populer, aplikasi ini juga dibekali dengan beberapa codec video.

11. Video Compressor

Mengompress video ke ukuran yang super kecil tanpa mengurangi kualitas video, adalah hal utama yang ditawarkan aplikasi ini. Penawaran tersebut, bukanlah isapan jempol semata, mengingat aplikasi ini mampu mengompress video berukuran 5 GB menjadi 500 MB tanpa kehilangan kualitas video secara ekstrim. Bayangkan, berapa banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan, sungguh fantastis.

12. You Cut

Seperti halnya Video Compressor, You cut pun mengklaim dan diklaim mapu mengompress ukuran file video hingga mencapai 80% lebih kecil dari file aslinya. Kualitas video pun mampu dipertahankan secara maksimal saat dan setelah melakukan kompresi. Sebagai kompressor dan juga editor video, you cut bisa juga digunakan untuk Cut & Trim video, membuat slideshow hingga pengaturan kecepatan video.

Baca Juga:  Software Analisis Statistik Populer

13. Video Maker

Dari namanya, sebenarnya bisa dipastikan jika aplikasi ini lebih berfungsi sebagai video editor. Memang benar. Namun demikian, sobat pun bisa menggunakan aplikasi ini kompresor video, terutama untuk video-video editan. Jadi jika sobat senang mengedit video dan berharap untuk meminimalisir file video, video maker bisa dipilih untuk mendapatkan file video editan yang lebih kecil

Cara Kompres Video di HP Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Untuk mengompres video di ponsel Android, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi kompres video yang sudah dibahas di atas. Berikut adalah langkah-langkah cara mengecilkan file video atau cara kompres video di HP tanpa menurunkan kualitas video menggunakan aplikasi:

  • Unduh dan instal aplikasi kompress video di ponsel Android Anda melalui Play Store.
  • Buka aplikasi kompres video yang telah diinstal dan pilih opsi “Import” atau “Buka” untuk memilih video yang akan di kompres.
  • Setelah video terbuka di aplikasi, pilih opsi “Export” atau “Ekspor” untuk memulai proses kompresi video.
  • Pada layar ekspor, Anda akan melihat beberapa pilihan kualitas video yang dapat Anda pilih. Pilih kualitas yang lebih rendah untuk mengompres video dengan lebih efisien. Anda juga dapat mengubah ukuran video dengan mengubah lebar dan tinggi video di bagian “Aspect Ratio”.
  • Klik tombol “Ekspor” atau “Export” untuk memulai proses kompresi. Tunggu hingga proses selesai, dan Anda akan mendapatkan video yang telah di kompres di folder yang telah Anda tentukan.

Penutup

Itulah ulasan mengenai aplikasi kompres video android yang bisa tim Teknoproof.com sajikan. Aplikasi di atas, tentu saja sangat bisa digunakan untuk mengurangi beban memori akibat terlalu banyak menyimpan file video. Secara keseluruhan, aplikasi di atas sebenarnya memiliki cara kerja yang sama. Perbedaannya hanyalah dukungannya terhadap beberapa format file, juga fungsi tambahan untuk mengonversi satu format file ke format lainnya.

Perkara cepat-lambat atau tampilan, tentunya hanyalah masalah selera. Yang jelas, aplikasi tersebut terbilang cukup efektif sebagai alat alternatif untuk mengoptimalkan kapasitas ruang penyimpanan. Satu hal yang harus diingat jika hendak memilih aplikasi kompress video android, adalah kemampuannya dalam memadatkan file tanpa harus kehilangan kualitas video dari koleksi sobat.

Kiranya amat disayangkan jika koleksi video kesayangan, tiba-tiba saja mengalami penurunan kualitas setelah dilakukan kompresi. Terutama untuk video-video buatan sendiri yang memang memiliki riwayat dan histori penting dalam kehidupan sobat, semisal video pernikahan atau acara-acara penting lainnya.