Cara Instal Aplikasi Merdeka Mengajar di Laptop dan HP Guru

Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan sebuah platform resmi yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk para guru dan kepala sekolah. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi teman penggerak para guru dalam menjalankan aktivitas mengajar, belajar dan berkarya.

Kemendikbudristek terus berupaya untuk memberikan kemudahan kepada guru untuk menjalankan proses belajar mengajar sesuai dengan kemampuan para murid. Salah satunya dengan merancang sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dinamai Aplikasi Merdeka Mengajar.

Cara Instal Aplikasi Merdeka Mengajar di Laptop dan HP Guru

Aplikasi Merdeka Mengajarpng

Apa itu Aplikasi Merdeka Belajar? Fitur apa saja yang terdapat dalam aplikasi itu? Di mana Platform tersebut bisa digunakan? Bagaimana cara download dan instal aplikasi tersebut di laptop atau hP para guru? Semua pertanyaan tersebut akan tim Teknoproof.com jawab secara detail dalam pembahasan berikut ini.

Mengenal Platform Aplikasi Merdeka Mengajar

Merdeka Belajar Kemendikbudpng

Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan SuperApp yang dibuat Kemenristekbud untuk membantu para guru dan kepala sekolah untuk menjalankan proses belajar mengajar. Selain itu aplikasi ini juga dirancang agar para guru bisa terus mengembangkan kompetensi dan berkarya dengan lebih baik lagi.

Platform Merdeka Mengajar ini dibangun Kemenristekbud untuk menunjang Kurikulum Merdeka agar bisa dimanfaatkan para guru. Dengan aplikasi ini, harapannya para guru dan kepala sekolah bisa mendapatkan inspirasi hingga referensi dan pemahaman yang baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan kepada guru dalam menjalankan proses belajar mengajar dan mengembangkan kompetensi melalui berbagai fitur yang menarik. Adapun beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan para guru dari aplikasi ini akan dijabarkan dalam sub bahasan di bawah ini.

Fitur Utama Aplikasi Merdeka Mengajar

Fitur Platform Merdeka Mengajarpng

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang sama kepada para guru untuk selalu belajar dan terus mengembangkan kompetensinya tanpa terbatas ruang dan waktu. Kehadiran aplikasi ini dengan fasilitas pelatihan Mandirinya memberikan kesempatan bagi para guru dan tenaga pendidik lainnya untuk memperoleh pelatihan yang berkualitas.

Baca Juga:  Optimalkan Penggunaan Youtube

Bukan hanya itu saja, berbagai fasilitas pelatihan yang berkualitas ini pun bisa diakses secara mandiri oleh seluruh tenaga pengajar, guru, hingga kepala sekolah. Lantas, apa saja fitur yang dimiliki Aplikasi Merdeka Mengajar ini?

Berikut akan kami jabarkan satu persatu dari 5 fitur unggulan aplikasi ini.

1. Produk Asesmen Murid

Dalam Fitur produk asesmen murid ini terdapat kumpulan soal yang bisa dibagikan ke seluruh peserta didik, baik secara online maupun offline. Selain itu, lewat aplikasi ini juga, guru bisa mendapatkan hasil analisis assesmen yang bisa mempermudah perencanan pengajaran sesuai kebutuhan peserta didik.

2. Produk Perangkat Ajar

Dalam Fitur produk perangkat ajar ini terdapat berbagai inspirasi dan referensi materi mengajar berkualitas. Berbagai perangkat bahan ajar, modul ajar, modul proyek, hingga buku teks bisa dimanfaatkan para guru untuk digunakan di kelas. Untuk mendapatkan perangkat ini, guru harus mendownloadnya terlebih dahulu.

3. Video Inspirasi

Fitur video inspirasi ini menyediakan berbagai video menarik dan berkualitas seputar pengembangan diri dan inspirasi praktek yang telah dibuat oleh para ahli dan tim Kemenristekbud. Video-video tersebut bahkan sudah diakurasi sehingga bisa dimanfaatkan para tenaga pengajar untuk referensi dalam meningkatkan kompetensi dari berbagai aspek personal dan sosial dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Pelatihan Mandiri

Berbagai materi pelatihan terbaik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi pendidik bisa didapatkan dari Fitur pelatihan mandiri ini. Menariknya, fitur pelatihan Mandiri ini disusun dengan sangat sederhana dan simple sehingga bisa memudahkan para guru dan tenaga pendidik dalam mempraktikkannya secara mandiri.

5. Bukti Karya Saya

Terakhir ada Fitur bukti karya saya yang merupakan sebuah tempat atau wadah untuk mendokumentasikan karya-karya para guru dan kepala sekolah. Gambaran karya, kinerja, kompetensi hingga prestasi yang dicapai para guru dan kepala sekolah selama menjalankan profesinya itu bisa terdokumentasikan dengan rapi berkat fitur ini.

Link Download dan Cara Menggunakan Aplikasi Merdeka Mengajar

Setelah mengetahui selub beluk tentang aplikasi Merdeka Mengajar, sekarang saatnya mencari tahu tentang cara mengimplementasikannya. Sebelum dapat menggunakan aplikasi ini, para guru, tenaga pengajar dan kepala sekolah harus terlebih dahulu mendownload dan menginstal aplikasinya di HP-nya masing-masing.

Sementara bagi guru yang berencana menggunakan Platform Merdeka Mengajar ini menggunakan Laptop atau PC, tidak perlu menginstal aplikasinya. Cukup dengan mengakses website resmi merdeka belajar para guru sudah bisa menggunakannya.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Memori iPhone

Cara Download dan Install Aplikasi Merdeka Mengajar:

1. Buka Play Store yang terdapat di HP Bapak/Ibu Guru
2. Tuliskan “Merdeka Mengajar” di kotak pencarian Playstore. Jika sudah ketemu, silakan download lalu install aplikasinya.
3. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi aplikasi di HP Bapak/Ibu Guru selesai. Jika sudah silakan klik Buka.
4. Setelah aplikasinya terbuka, akan ada beberapa pilihan menu yang tersedia. Untuk mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi ini, silakan login.
5. Untuk login para guru dapat menggunakan akun @belajar.id. Sementara bagi tenaga pengajar dari madrasah, bisa menggunakan email @madrasah.kemenag.go.id
6. Selesai

Bagi para guru, tenaga pengajar, dan kepala sekolah yang masih kesulitan menemukan link download Aplikasi Merdeka Belajar untuk dipasang di HP atau Laptop guru dapat menggunakan link tautan yang kami sediakan di nawah ini

Download Aplikasi HP Disini

Akses Platform dengan Laptop/PC Disini

Demikian pembahasan lengkap terkait link download dan cara instal Aplikasi Merdeka Mengajar serta cara menggunakan aplikasi tersebut baik di melalui HP maupun Laptop/PC. Semoga membantu.