Aplikasi Desain Grafis Android Bikin Branding Usaha Lebih Mudah

Adakah aplikasi desain grafis android yang bisa dimanfaatkan oleh pemula? Jawabnya jelas ada. Deretan aplikasi desain grafis yang akan dibahas dalam artikel ini sangat mudah dioperasikan sehingga bisa digunakan pemula, termasuk pemilik usaha mikro atau UMKM yang ingin membranding bisnisnya. Penasaran dengan aplikasinya? Langsung saja kita bahas.

Sadarkah jika perkembangan dunia usaha di berbagai sektor dan lini sudah sangat meningkat, bahkan tak bisa lagi dibendung? Perhatikan saja lingkungan sekitar setingkat RT, berapa banyak orang atau keluarga yang membuka usaha, baik real mau pun online? Saya berani bertaruh, jika setiap rumah pasti memiliki usaha. Dari segi usaha, fenomena ini adalah peluang yang sangat terbuka.

Pasalnya, setiap usaha pasti membutuhkan apa yang namanya branding, baik dari logo sederhana, keperluan advertising, packaging dan seterusnya. Branding seperti ini hanya bisa difasilitasi oleh ilmu desain. Namun, untuk menyewa desainer terutama desainer yang mampu mengaktualisasikan konsep dan branding untuk usaha kita, tidaklah murah. Apalagi untuk sekelas usaha mikro.

Untuk menyiasati hal itu, banyak pelaku usaha yang kemudian memanfaatkan aplikasi desain grafis android untuk melakukan branding pada usahanya. Kabar baiknya, aplikasi desain grafis dari android ini pun bahkan banyak dimanfaatkan oleh para desainer kelas bawah untuk membuka usaha branding kecil-kecilan.

Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik dan Mudah untuk Bikin Branding Usaha

Aplikasi-Desain-Grafis-Android-Terbaik-untuk-Membuat-Branding-Usaha.png

Desain grafis, kiranya telah menjadi kebutuhan dalam hal apa pun. Saat ini, tak ada kegiatan manusia yang sama sekali luput dari perhatian dan peran desain grafis. Bahkan untuk hal dan produk yang sifatnya privasi sekali pun, desain grafis tetap dibutuhkan. Karenanya, sangat wajar jika aplikasi desain grafis android kemudian bermunculan, semata-mata memang bertujuan untuk mengatasi kebutuhan tersebut. Mau tahu apa saja aplikasi desain grafis yang bisa digunakan untuk branding usaha? Berikut ulasannya.

1. Canva

Melalui canva, semua orang bisa menciptakan apa saja dalam bentuk desain secara mudah dan cepat. Fitur yang dimiliki aplikasi terbilang lengkap dan sangat bersahabat dengan pemula sekali pun. Beragam desain grafis seperti logo, brosur, banner, presentasi dan sebagainya bisa dibuat dalam aplikasi ini. Jangan heran, jika banyak pemula yang kemudian menggunakan canva untuk merintis usahanya.

2. Desygner

Aplikasi ini lebih banyak bermain dengan beragam tempelate untuk beragam kebutuhan desain. Semisal, tempelate ID Card, infografik, flyer atau brosur dan sebagainya. Penggunaan tempelate seperti ini, entu akan sangat memudahkan pengguna untuk mengaplikasikan desainnya.

3. Adobe Photoshop Express

Siapa bilang Adobe Photoshop hanya bisa digunakan melalui PC atau desktop? Adobe Photoshop Express adalah bukti, bahwa aplikasi desain paling terkenal ini, sudah mulai merambah ke dunia android. Meski untuk menghasilkan gambar tak sebagus versi PC, tapi untuk mendapatkan hasil desain yang cepat dan mudah, aplikasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Baca Juga:  Contoh Situs Web E-Commerce Populer

4. Adobe Capture

Jika Adobe Photoshop Express bisa dimanfaatkan untuk desain sekaligus foto editor, maka Adobe Capture hanya bermain sebagai aplikasi desain saja.Kiranya, tak perlu banyak bahasan untuk produk produk Adobe Family yang memang sudah terbukti kiprahnya. Jika penasaran, langsung saja coba aplikasinya di Playstore.

5. Logo Maker

Nah! Bagi yang memiliki masalah untuk memulai branding, logo maker adalah solusinya. Di sini pengguna bisa membuat logo dan mengaplikasiannya pada mock up. Banyak elemen atau tools yang bisa dimanfaatkan untuk itu, semisal elemen arts, color untuk pewarnaan, shapes, rotate, 3d rotate, curves hingga beragam background untuk mempercantik tampilan desain.

6. PicsArt

Banyak sekali desainer pemula dan freelancer pemula yang menggunakan aplikasi desain grafis android ini untuk membuat desain. Brush tools adalah alat unggulan dalam pembuatan grafis di aplikasi ini. Aplikasi yang telah terunduh lebih dari 500 juta kali ini, terbilang sangat efektif untuk menghasilkan desain sebagai work art.

7. Infinite Design

Seperti PicArts yang banyak digunakan oleh para freelancer dan pemula di dunia grafis, Infinite design pun bisa membantu kita dalam urusan desain. Hanya saja, picArts lebih fokus pada keperluan desain-desain 3D.

8. Snapspeed

Snapspeed sebenarnya lebih bisa dikatakan sebagai deesign editor. Artinya, desain-desain yang sudah jadi atau desain yang sudah terconvert dalam bentuk image, bisa diedit ulang menggunakan aplikasi ini. Penambahan atau pengurangan materi design, misalnya. Bisa dilakukan dengan di aplikasi ini melalui beberapa tools pendukungnya. Begitu pun dengan pengaturan cahaya juga pewarnaan.

9. GoDaddyStudio

Sebagai aplikasi desain grafis android yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat, aplikasi ini kiranya masih teramat asing. Meski demikian, aplikasi ini terbilang memiliki fiture yang lengkap untuk kebutuhan desain kita. GoDadyStudio, sebenarnya lebih fokus pada penggunaan tempelate untuk memudahkan penggunanya. Jumlahnya pun mencapai ribuan tempelate yang bisa dipilih sekehendak hati, yang artinya gratis.

10. Afterlight

Sesuai namanya, cahaya atau pencahayaan adalah fokus utama dari aplikasi desain android yang satu ini. Setidaknya ada 15 adjusment tools dengan 59 filter effect yang bisa digunakan untuk mendapatkan pencahayaan yang baik. Ditambah dengan puluhan tekstur yang bisa dipilih untuk menambah touching art pada desain kita.

11. Air Brush

Air Brush pun bisa dikatakan sebagai aplikasi editor desain dengan fitur yang terbilang lengkap. Brightent eyes, Whiten Teeth, Perfect Skin hanyalah beberapa fiture yang bisa dicoba untuk memperindah hasil desain. Air brush sebenarnya banyak digunakan oleh para fotografer android, namun tak jarang pula desainer android yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai alat finishing touch dari desainnya.

12. Vector Ink

Aplikasi desain grafis android ini, bisa dimanfaatkan untuk membuat sekaligus mewarnai desain berbasis vektor. Pentool sebagai alat utama yang digunakan untuk membuat sketsa atau gambar bisa digunakan dengan sangat mudah mengikuti sentuhan dan gerak jari kita di atas layar.pewarnaan pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan beragam efek dan gradient.

13. Concept

Seperti namanya, desain ini bukan hanya bisa digunakan untuk membuat konsep desain, tetapi juga menghasilkan desain sesuai dengan konsep yang kita buat. Banyak fiture yang bisa digunakan dalam aplikasi ini. Dan hampir semua fiture bisa digunakan dengan sangat mudah.

Baca Juga:  Teknologi Informasi dan Transportasi

14. Sketchbook

Aplikasi familiar yang bisa membuat desain mulai dari 2D hingga 4D ini, kini bisa digunakan kanya dengan menggunakan Android. Namun, apakah aplikasi versi androidnya sepowerfull seperti aplikasi PC atau desktop? Langsung saja unduh dan install aplikasi ini di Playstore untuk mencobanya.

Manfaat Aplikasi Desain Grafis Android untuk Branding Usaha

Aplikasi desain grafis di perangkat android dapat membantu dalam branding usaha dengan cara memudahkan Anda untuk menciptakan desain yang unik dan menarik untuk brand Anda. Aplikasi desain grafis biasanya menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk membuat logo, iklan, atau materi promosi lainnya dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi desain grafis di perangkat android, Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa desainer profesional. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengubah dan menyesuaikan desain branding Anda sesuai kebutuhan tanpa harus menunggu bantuan dari desainer profesional.

Cara Menggunakan Aplikasi Desain Grafis untuk Membuat Branding Usaha

Untuk membuat branding usaha dengan aplikasi desain grafis melalui HP, pertama-tama Anda perlu mengunduh aplikasi desain grafis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi desain grafis Android yang telah Anda unduh dan instal dari Play Store.
  2. Buat sebuah proyek baru dengan menekan tombol “New Project” atau “Create New”.
  3. Tentukan ukuran canvas atau layar yang akan Anda gunakan untuk desain branding Anda.
  4. Pilih jenis desain yang akan Anda buat, seperti logo, iklan, atau poster.
  5. Tambahkan elemen desain seperti teks, gambar, atau simbol yang sesuai dengan brand Anda. Anda dapat menggunakan fitur editing yang tersedia di aplikasi untuk mengatur posisi, ukuran, dan warna elemen desain tersebut.
  6. Jika sudah selesai, simpan desain branding Anda dengan menekan tombol “Save” atau “Export” dan pilih format file yang diinginkan, seperti PNG atau JPG.
  7. Gunakan desain branding yang telah Anda buat untuk mempromosikan usaha Anda di berbagai media, seperti website, media sosial, atau brosur.

Penutup

Sederat aplikasi desain grafis di atas, memang sangat bisa digunakan oleh pemula. Kemudahan seperti ini membuat siapa pun bisa menjadi desainer. Hak tersebut jelas menjadi satu keunggulan jika dilihat dari segi pembelajaran bagi desainer muda dan calon desainer.

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang bisa dioperasikan pemula untuk membuat branding usaha beserta manfaat dan cara menggunakan aplikasi desain grafis android tersebut, kini saatnya sobat Teknoproof.com mempraktikannya. Selamat mencoba.