Aplikasi Pemantau Kemacetan Saat Mudik

Mudik Lebaran merupakan salah satu tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat Idul Fitri tiba. Di masa pandemi seperti sekarang, mempersiapkan diri untuk mudik jauh lebih penting karena berbagai peraturan dan protokol kesehatan yang harus diikuti. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah aplikasi pemantau kemacetan saat mudik lebaran. Aplikasi ini sangat membantu bagi pemudik untuk mengetahui informasi tentang jalur yang dapat dilalui, estimasi waktu tempuh, dan kemacetan yang terjadi. Berikut adalah beberapa aplikasi pemantau kemacetan saat mudik lebaran yang wajib ada di HP Anda.

Aplikasi Pemantau Kemacetan Saat Mudik

Aplikasi Pemantau Kemacetan Saat Mudik

Waze

Waze merupakan aplikasi pemantau kemacetan yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang berguna untuk memandu pemudik saat mudik lebaran. Selain itu, Waze juga menyediakan informasi real-time tentang kemacetan, lokasi bensin terdekat, dan bahkan lokasi polisi atau petugas yang bertugas di jalan raya.

Fitur yang paling menarik dari Waze adalah pengguna bisa membagikan informasi tentang kemacetan atau rute alternatif yang bisa dilalui. Hal ini akan sangat membantu pemudik dalam menentukan jalur yang tepat dan menghindari kemacetan. Waze juga menyediakan informasi tentang rute alternatif ketika terjadi kemacetan.

Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi peta digital yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarakat. Selain sebagai panduan navigasi, Google Maps juga bisa digunakan sebagai aplikasi pemantau kemacetan saat mudik lebaran. Aplikasi ini memiliki fitur Traffic yang menunjukkan informasi tentang kemacetan di jalan raya.

Baca Juga:  Aplikasi Pemutar Musik Offline

Selain itu, Google Maps juga menyediakan informasi tentang rute alternatif dan estimasi waktu tempuh dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Fitur lainnya yang cukup berguna adalah Street View, yang memungkinkan pengguna untuk melihat gambar 360 derajat dari lokasi tertentu dan mengetahui kondisi jalan serta lalu lintas yang sedang terjadi.

Road Smart

Road Smart merupakan aplikasi pemantau kemacetan yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan membantu para pemudik dalam mengetahui informasi terbaru tentang kondisi jalan saat mudik lebaran.

Selain informasi tentang kemacetan, Road Smart juga menyediakan informasi tentang keadaan cuaca, titik-titik rawan macet, titik-titik rest area, SPBU terdekat, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Qlue

Qlue merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk memantau kualitas layanan publik. Aplikasi ini memiliki fitur pemantauan kemacetan yang cukup lengkap dan membantu para pemudik dalam mengetahui kondisi jalan saat mudik lebaran.

Itulah beberapa aplikasi yang mungkin dapat membantu anda dalam perjalanan mudik. Semoga bermanfaat hati-hati dijalan dan Selamat Lebaran!!