Aplikasi Lensa AI, Apk Edit Foto Avatar Keren di Android dan iOS

Aplikasi Lensa AI seketika viral dan menggemparkan jagat maya. Aplikasi edit foto avatar keren dan super canggih ini sukses menarik minat pengguna sosial media untuk membagikan foto versi avatarnya. Bahkan, beberapa artis seperti Ayu ting-ting, Nagita Slavina, Tasya Farasya, Gempi hingga ‘ratu kontroversi’ Nikita Mirzani ikut menghebohkan dunia maya dengan avatarnya.

Aplikasi Lensa AI, Apk Edit Foto Avatar Keren di Android dan iOS

Aplikasi-Lensa-AI-Apk-Edit-Foto-Avatar-Keren-di-Android-dan-iOS.png

Saat ini, aplikasi lensa AI yang super canggih ini menduduki urutan teratas dari jumlah downloader di android dan iOS. Bagi kamu yang ingin mencoba mengikuti trend baru tampil dengan wujud kartun atau avatar, bisa mencari tahu seluk-sebluk aplikasi edit foto terbaik di android dan iPhone tersebut melalui artikel berikut.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Lensa AI?

Dalam bahasa sederhana, lensa AI merupakan aplikasi edit foto (khususnya selfie) yang mampu mengubah image wajah hasil jepretan lensa, menjadi sebuah avatar berbentuk lukisan, anime 3 dimensi, lukisan kanvas, kartun dan banyak lagi.

Beberapa menyebutnya sebagai artwork, karena karya yang dihasilkan memang terlihat memiliki nilai seni tinggi dan sangat berbeda dengan image aslinya. Namun demikian, dalam hal ini saya kurang sependapat mengingat artwork biasanya dihasilkan melalui keterampilan dan kecerdasan seni pembuatnya.

Sementara lensa AI dihasilkan secara instan berdasarkan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) yang tinggal diterapkan pada objek yang akan diolah menjadi karya seni. Teknologi AI (artificial intelegence) inilah yang menjadi kelebihan aplikasi ini, karena semakin sering digunakan, kemampuannya akan semakin meningkat.

Aplikasi Lensa AI sebenarnya bukanlah ‘barang baru’. Prisma Labs sebagai pengembang aplikasi ini bahkan sudah meluncurkannya sejak 2018 silam. Peluncuran aplikasi bernama Prisma Labs yang di dalamnya memuat Lensa AI terbilang sukses.

Terbukti, hanya beberapa saat setelah diluncurkan, aplikasi ini banyak mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik (App of The Year) dari Google Play dan Appstore. Lalu mengapa setelah sekian lama, Lensa AI tiba-tiba menjadi viral?

Seperti peribahasa setiap hal ada masanya dan setiap masa ada halnya, kiranya selalu menjadi jawaban terbaik. Namun demikian, untuk memahami lebih lanjut, simak terus ulasan di bawah.

Cara Download Aplikasi Lensa AI

Cara-Download-dan-Menggunakan-Aplikasi-Lensa-AI.png

Membuat avatar bernilai seni tinggi seperti yang digunakan oleh para artis yang diulas di atas sebenarnya sangat mudah. Syarat utamanya tentu saja harus memiliki Aplikasi Lensa AI yang sudah terinstall di perangkat HP. Namun sebelum mendownload, menginstall dan bermain Lensa AI, pahami dulu detil Lensa AI berikut:

Developer: Prisma Labs, Inc
Minimum OS: Android 8.0+, iOS 15.0+
Ukuran File: Android 46 MB, iOS 130 MB
Link Download Lensa AI: Play StoreApp Store

Jika perangkat dirasa memungkinkan untuk dipasangkan aplikasi ini, langsung saja download link resmi plystore atau appstore di atas. Tunggu hingga aplikasi benar-benar terinstall atau terpasang di perangkat dan siap untuk digunakan.

Cara Bikin Avatar dengan Aplikasi Lensa AI

Bagi pengguna smartphone android dan iOS yang ingin membuat avatar keren seperti yang sudah digunakan para artis, bisa menggunakan aplikasi Lensa AI. Caranya menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Setelah aplikasi lensa AI terpasang di perangkat kalian, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Baca Juga:  Aplikasi Pembersih Cache di Handphone

1. Buka Lensa AI yang sudah terinstall
2. Add Photos dengan memilih foto selfie di galery yang akan digunakan.
3. Laman edit Lensa AI secara otomatis akan terbuka.
4. Di sini ditampilkan beberapa opsi editan, seperti:

  • Face: di sini kita bisa mengatur kontras, keburaman, menghaluskan wajah, mengedit atau mengubah warna rambut hingga mengubah bentuk wajah dan lainnya
  • Backdrop atau latar belakang gambar bisa diatur sesuai keinginan
  • Adjust digunakan untuk mengatur warna, termasuk di dalamnya ketajaman, kontras, kecerahan, ketebalan warna atau cahaya gambar secara keseluruhan.
  • Effek: di sini kita bisa menerapkan beragam efek seperti salju, cahaya, siluet, bayangan, titik-titik (noise) dan sebagainya
  • Artstyle: berkaitan dengan gaya yang diinginkan. Apakah ingin mengubah menjadi foto vintage, kartun, anime, 3d, lukisan kanvas hingga yang berbau futuristik.
  • Filter: di sini kita bisa menambahkan warna pada image sesuai yang kita inginkan.
  • Canvas: gambar atau image bisa dipotong sesuai dengan bentuk yang kita inginkan seperti ouval, kotak, setengah lingkaran dan beragam shape yang tersedia.
  • Save ke perangkat untuk mendapatkan avatar yang kita inginkan.

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Lensa AI

Cara lain untuk merubah foto jadi avatar secara instant adalah dengan menggunakan menu magic avatar yang bisa kalian lihat di halaman menu aplikasi Lensa. caranya silakan ikuti petunjuk ini:

  • Klik menu tombol kuning bertuliskan Magic avatar, lalu klik Coba sekarang.
  • Sistem Lensa AI secara otomatis akan memberi peringatan atau informasi bahwa hasil editing menggunakan cara ini kemungkinan akan menghasilkan gambar editan yang tidak akurat.
  • Pilih saja 10-20 foto yang ada di galeri, lalu import foto dan pilih Gender.
  • Tunggu beberapa menit hingga muncul notifikasi bahwa foto kreasi AI sudah siap dan bisa dilihat (umumnya pengguna memerlukan waktu tunggu selama 20 menit).
  • Foto kreasi AI yang ditampilkan biasanya terdiri dari beberapa variasi dan gaya unik, mulai dari anime, pop art, kawaii, retro dan sebagainya.
  • Jika sudah selesai, klik save untuk menyimpan avatar AI di galeri HP. Kiranya, semudah itulah cara membuat avatar lewat Aplikasi Lensa AI.

Fitur Premium Aplikasi Lensa AI

Sekali pun Aplikasi Lensa AI dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store. Namun, penggunaan seluruh fiturnya secara jangka panjang, pengguna harus membayar tarif berlangganan. Kabar baik kiranya hanya sampai pada pengguna iphone, sebab versi ujicoba di kelas premium bisa didapat selama satu pekan. Setelah itu tarif langganan sebesar Rp 419.000 per tahun diberlakukan.

Cara lain untuk berlangganan fitur premium yang terkunci di Lensa AI adalah:

  1. Rp47.000 untuk membuka 50 avatar unik dengan rincian 10 gaya unik dalam 5 variasi foto.
  2. Rp78.000 untuk 100 avatar unik dengan rincian 10 gaya unik dalam 10 variasi foto
  3. Rp109.000 untuk 220 avatar dengan rincian 10 gaya unik dalam 20 variasi foto.

Sebenarnya pengguna yang tidak menginginkan Aplikasi lensa AI secara premium pun masih bisa bermain. Hanya saja fitur yang bisa digunakan sangat terbatas, termasuk batasan dalam jumlah foto yang bisa diedit. Pengguna gratis dibatasi hanya 3 foto per hari dan aplikasi bisa digunakan kembali di hari berikutnya secara gratis.

Baca Juga:  Aplikasi Buat Kartu Ucapan Idul Fitri Terbaik

Keunggulan dan Kekurangan Aplikasi Lensa Ai

Berbeda dengaa aplikasi edit foto android dan iPhone lainnya, aplikasi lensa AI memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi lainnya. Dengan Lensa AI kamera pada smartphone kalian bukan lagi hanya sebatas lensa dan sensor, melainkan kumpulan algoritma cerdas yang mampu menciptakan gambar dengan kualitas terbaik dalam waktu instan.

Apa lagi dengan berbagai fitur edit yang super lengkap, canggih dan futurstik, aplikasi Lensa AI mampu menghasilkan karya yang realistic dan bernilai seni tinggi. Tak ayal, segudang keunggulan aplikasi lensa ini sampai-sampai membuat para seniman mulai gusar.

Namun, terlepas dari semua keunngulannya itu, aplikasi ini tak luput dari kekurangan. Keamanan data pribadi di Lensa AI mulai dipertanyakan sejak aplikasi ini viral di jagat maya. Hal yang wajar mengingat data pribadi adalah hal terpenting yang dilindungi oleh undang undang dan tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan apa pun.

Entah, apakah isu keamanan ini merupakan rumor untuk menjatuhkan popularitas atau memang berkaitan langsung dengan penerapan teknologi AI? Sebelumnya telah diulas bahwa, teknologi AI akan semakin bagus dan akurat jika sering digunakan.

Dalam hal ini, foto diri sebagai data pribadi jika diunggah dalam jumlah banyak secara terus menerus, secara langsung akan meningkatkan kinerja teknologi AI menjadi lebih baik. Dan hal itu sudah terbukti di lensa AI.

Namun demikian, setiap aplikasi pasti memiliki kebijakan privasi dan Lensa AI tidak menggunakan foto sebagai data pribadi untuk kepentingan apa pun, kecuali pengembangan filter dan efek semata. Apalagi Prisma labs sebagai developer resmi adalah pemegang award of the year yang sudah pasti tunduk pada peraturan privasi.

Umumnya, masalah penyalahgunaan data untuk kepentingan lain semisal advertising dan hingga peretasan data pada perangkat, hadir saat pengguna menggunakan aplikasi modifikasi. Sebuah aplikasi yang menyertakan dan mengijinkan pihak ke tiga di luar developer resmi untuk mengakses perangkat kita.

Dalam hal ini, kabar buruk akan didengar oleh pengguna android. Kok bisa? Tentu saja bisa dan jangan kaget dengan informasi basi bahwa android dari awal kelahirannya merupakan sistem operasi berbasis open sourch. Siapa pun bisa mengembangkan apa pun yang ada dalam sistem operasi, termasuk aplikasi resmi semisal whatsapp yang terkenal sekali pun.

Bagi sobat yang terlanjur memberikan dan menyimpan data pribadi di aplikasi Lensa AI lalu timbul perasaan khawatir untuk disalahgunakan, segera kirim pengajuan penghapusan melalui surel ke privacy@lensa-ai.com.

Dan jika ada data pribadi berupa foto atau apa pun disimpan di lensa AI kemudian digunakan tanpa ijin untuk keperluan advertising, segera kirim nota keberatan melalui surel contact@lensa-ai.com. Semua pengajuan biasanya akan segera diproses dalam waktu 90 hari.

Penutup

Itulah pembahasan lengkap mengenai aplikasi Lensa AI yang lagi viral di berbagai platform sosial media seperti TikTok, Instagram, hingga Twitter. Bagi kalin yang ingin mengetahui lebih banyak aplikasi terbaru dan terbaik untuk android, iPhone hingga PC dan laptop, jangan sungkan untuk mengunjungi website Teknoproof.com.