Aplikasi Pemutar Video Android Support All Format HD, Full HD, 4K

Aplikasi pemutar video android biasanya digunakan untuk memutar video-video dengan format tertentu di perangkat android. Sebenarnya, semua smartphone android pasti memiliki aplikasi pemutar video yang sudah terinstall yang sering juga disebut sebagai aplikasi bawaan.

Hanya saja, untuk beberapa perangkat terutama android lawas, pemutar video bawaan terkadang tak mendukung beberapa format video. Al hasil, perangkat gagal menayangkan video pilihan di layar android yang sudah terdownload.

Berbeda dengan perangkat di kelas terbaru yang umumnya sudah support pada segala format file video. Bahasan kali ini, kita akan fokus pada beberapa aplikasi pemutar video android yang bisa digunakan di perangkat android.

Aplikasi Pemutar Video Android Support All Format HD, Full HD, 4K

Aplikasi Pemutar Video Android Support All Format HD Full HD 4Kpng

Tak semua pemutar video memiliki dukungan penuh pada semua format video. Itulah kata kunci utama yang dijadikan dasar bagi pengembang atau developer aplikasi dalam membuat aplikasi pemutar video android. Jika smartphone sobat terkendala dengan masalah tersebut, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dicoba untuk memutar video di perangkat android.

1. VLC Video Player

Penggemar 3GP atau video berdurasi pendek di masa lalu, kiranya sangat familier dengan pemutar video yang satu ini. VLC awalnya digunakan untuk mengatasi masalah kurangnya dukungan terhadap format file berekstensi 3GP dan MP4 pada pemutar video di perangkat windows.

Saat ini, VLC bisa digunakan di perangkat android dengan beberapa fitur tambahan. Semisal fitur resume, subtitle hingga fitur lock sebagai pengunci aplikasi agar bisa digunakan sebagai perangkat default.

2. GOM Player

Sama seperti VLC yang merupakan pemain lama untuk perangkat PC dan desktop, GOM Player pun merasa jika android adalah pasar terbesar untuk aplikasi yang dikembangkannya. GOM player yang sejak awal kemunculannya memang fokus pada fungsi dan tampilan, hingga kini masih mendapatkan tempat terbaik di kalangan pengguna android. Terbukti, 5 juta pengguna android telah menggunakan aplikasi pemutar video untuk perangkat android ini.

3. BSPlayer

50 juta pengunduh aplikasi ini di play store, tentu bukan jumlah yang sedikit. Terlebih aplikasi ini memiliki versi premium, yang berarti BSPlayer tidak sepenuhnya bisa digunakan secara gratis. Sebagai aplikasi premium, tentu saja BSPlayer sudah mendukung semua tipe atau format video. Perihal fitur yang ditawarkan pun pastinya lengkap jika pengguna sudah memiliki akses pada versi premiumnya.

Baca Juga:  Pendidikan Anak yang Lebih Menyenangkan dengan Teknologi

4. XPlayer

Inshot di dunia aplikasi perfilman kiranya sudah dikenal sebagai developer aplikasi yang mendukung dunia perfilman, termasuk aplikasi film editor. Satu buah karya dari developer ini adalah XPlayer yang berfungsi sebagai aplikasi pemutar video android. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali ini, ternyata memiliki fitur yang terbilang lengkap, termasuk dukungan untuk video dengan kualitas HD, Full HD hingga 4K yang bisa ditonton dengan nyaman di perangkat smartphone.

5. KMPlayer

Dibangun oleh Pandora TV, aplikasi pemutar video di perangkat android ini pun terbilang sangat populer dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 50 juta kali. KMPlayer tidak hanya fokus pada format dukungan video dan kualitas video, namun juga pengembangan audio berkualitas. Dengan demikian, KMPlayer bisa dikatakan benar-benar aplikasi yang paham bahwa video atau film merupakan karya audio-visual yang tak bisa dipisahkan.

6. MXPlayer

Jika ingin menonton video di android dengan mode fullscreen yang nyaman, MXPlayer bisa sobat gunakan. Kenyamanan saat menonton bisa sobat dapatkan melalui pengaturan kecerahan atau menambahkan subtitle untuk lebih memahami jalan cerita. Asiknya, MXPlayer, bisa digunakan pada semua perangkat smartphone tipe dan jenis apa pun.

7. OPlayer

Berdasarkan versi Google Play, aplikasi yang mampu memutar beragam format video di layar android ini, terbilang sangat populer. Namun demikian, kekurangan utama yang banyak dikeluhkan pengguna OPlayer adalah dukungannya terhadap subtitle. Tak semua video bisa dibubuhi subtitle saat menggunakan OPlayer, atau hanya beberapa format video saja yang bisa diputar dengan penambahan subtitle.

8. RealPlayer

Dukungan terhadap berbagai format video adalah fokus pengembangan aplikasi ini. RealPlayer akan terasa nyaman saat digunakan menonton di perangkat smartphone dan lebih nyaman lagi saat aplikasi ini terpasang di PC Tablet.

9. GPlayer

Jumlah unduhannya baru lebih dari 1 juta kali dengan rating 4.5 dari 5 berdasarkan versi Play Store. Namun jangan salah, GPlayer termasuk aplikasi pemutar video android yang cukup powerfull. Aplikasi lain, barangkali hanya fokus pada kenyamanan dengan fitur fullscreen yang seadanya. GPlayer sedikit berbeda, fitur fullscreennya benar-benar memakan semua layar smartphone secara penuh.

Selain itu, GPlayer pun mendukung floating screen untuk memutar beberapa video secara langsung. Tidak sampai di situ, GPlayer pun memberikan kepuasan pada penggunanya melalui fitur multitasking yang memungkinkan sobat untuk menonton sekaligus melakukan aktivitas lain di perangkat android yang sobat gunakan.

10. HD Video Player

Satu lagi anak produk yang dilahirkan Inshot, HD Video kiranya memang diciptakan untuk mendukung video berkualitas HD. Tampilannya terbilang user friendly dengan ukuran file yang hanya 4.1 MB, membuat HD Video Player sangat ringan untuk digunakan. Pengguna pun bisa memanfaatkan fitur penyimpanan dengan membuat folder video pilihan, semacam playlist pada aplikasi pemutar video di PC atau laptop.

Baca Juga:  Cara Membuat Aplikasi untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

11. Video Player All Format

Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika aplikasi pemutar video android yang satu ini, fokus pada dukungan segala jenis format video. Satu fitur yang menjadi unggulan dalam aplikasi ini adalah Video Queue yang memungkinkan beberapa video bisa ditampilkan atau diputar secara berurutan tanpa harus memutar tombol play. Bagi para orang tua yang ingin mengontrol tontonan untuk anaknya pun, bisa memanfaatkan fitur Child Mode & Screen lock. Ternyata, aplikasi ini menyoroti juga masalah privasi.

12. PlayIt

Satu dari sekian banyak aplikasi yang mendukung kesehatan terutama kesehatan mata, adalah aplikasi pemutar video yang satu ini. Melalui fiturnya Health Mode, Play it akan memberikan notivikasi secara otomatis jika penggunanya menonton video terlalu lama. Selain itu, Play it pun memberi dukungan privasi pada video di perangkat sobat dengan penanaman password agar tak bisa ditonton oleh orang lain.

13. Power Media Player

Pengguna PC kiranya sudah tak asing lagi dengan aplikasi pemutar video yang satu ini. Aplikasi yang kini bisa digunakan di perangkat android ini, bisa sobat manfaatkan tidak hanya untuk memutar video, melainkan memainkan musik. Sepertinya, format audio-visual memang menjadi perhatian dari aplikasi ini, terbukti dengan fitur equalizernya yang sangat mumpuni dan bisa diatur sedemikian rupa, sesuai tingkat kenyamanan penggunanya.

Penutup

Kiranya, itulah beberapa aplikasi pemutar video android terbaik yang bisa didapatkan langsung melalui Play Store. Selain aplikasi terulas di atas, tentu saja masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa sobat Teknoproof.com gunakan untuk memutar video pilihan di layar android.